Bergerak bersama masyarakat, PMI Hijaukan Tamanbali


BALI.KOMINFO.CO.ID##
Bangki-Bali|| Palang Merah Indonesia (PMI) dalam pelaksanaan program dan kegiatannya memiliki tugas dan mandat untuk mendukung kegiatan pemerintah dalam bidang Kemanusiaan. Melalui Program SIAP SIAGA yang merupakan kerjasama Kemitraan Australia-Indonesia. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Indonesia dalam mencegah, mempersiapkan, menanggapi, dan memulihkan diri dari bencana. Program SIAP SIAGA memulai untuk melakukan peningkatan kapasitas dan ketangguhan pada tingkat lokal dengan menetapkan intervensi bukan hanya pada wilayah kerja dari PMI, namun juga menjadi wilayah kerja actor lain yang terlibat dalam Program SIAP SIAGA seperti BPBD dan Palladium.

Dalam rangka meningkatkan dan memperkuat kapasitas kesiapsiagaan bencana khususnya dalam Pengurangan Risiko Bencana, maka PMI Kabupaten Bangli melalui dukungan Program SIAP SIAGA dan PMI Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Kampanye Hijau dan Penanaman Bibit Pohon pada Sabtu, 17 Agustus 2024 bertempat di Desa Adat Jelekungkang, Desa Tamanbali, Kabupaten Bangli. Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan untuk pelestarian lingkungan melalui (1) Pelestarian alam dengan kegiatan penanaman pohon (2) Menggerakkan sukarelawan dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam kegiatan pelestarian alam. (3) Mengajak secara aktif terlibat dalam mengurangi dampak Climate Change (pemanasan global) dan pelestarian alam melalui penanaman pohon.

Kegiatan diawali dengan  acara pembukaan dan dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon buah di Desa Adat Jelekungkang dan sekitarnya, dan diakhiri dengan aksi pilah sampah plastik oleh para siswa SD, SMP dan SMK di wilayah Desa Tamanbali. Adapaun bibit pohon yang ditanam merupakan pohon buah yang diharapkan selain menghijauan kedepannya juga terdapat manfaat dengan buah yang di hasilkannya seperti sawo, alpukat, durian, sampai dengan manggis. Kegiatan lainnya berupa Adopsi pohon untuk di tanam bagi peserta Kampanye Hijau, dengan total 300 bibit pohon untuk adopsi oleh peserta kampanye hijau.

Untuk menghijaukan Tamanbali PMI melibatkan sekitar 200 orang yang terdiri dari jajaran PMI Provinsi Bali, PMI Kabupaten Bangli, PMI Kabupaten Klungkung, dan instansi/Lembaga lintas sektor terkait seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Damkar (BPBD) Kabupaten Bangli, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (DKLH) Provinsi Bali, Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangli, Camat Bangli, Siap Siaga Bali, Kepala Desa Tamanbali, Babinsa & Bhabinkamtibmas Desa Tamanbali, HWDI Kabupaten Bangli, Siswa (SD, SMP, SMK) di wilayah Desa Tamanbali serta Krama Desa Adat Jelekungkang.
Pengurus PMI Kabupaten Bangli Bapak I Nyoman Sukadi, SKM., MA. dalam sambutannya menyampaikan bahwa menjaga kelestarian lingkungan hidup khususnya di kabupaten bangli tentunya tidak dapat dilakukan oleh pemerintah ataupun PMI Kabupaten Bangli saja, namun membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh elemen masyarakat. “Kami sangat mengapresiasi kepada seluruh pihak yang telah mempersiapkan dan berpartisipasi dalam kegiatan ini, kami juga mengharapkan aksi ini dapat menginspirasi pihak-pihak lainnya, sehingga penanaman bibit pohon dapat dilaksanakan secara berkelanjutan di berbagai lokasi” imbunya sebelum membuka secara resmi kegiatan Kampanye Hijau di Desa Tamanbali.