Pelatihan Spesialisasi Ambulans PMI menuju layanan yang cepat, tepat dan efisien

BALI.KOMINFO.CO.ID##
Denpasar-Bali || Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali dalam upaya peningkatan dan pengembangan kapasitas organisasi PMI Provinsi Bali dan lintas sektor terkait khususnya dalam Pelayanan Kesehatan dan Sosial. Dalam kondisi kedaruratan, salah satu kegiatan yang dilakukan PMI adalah Pelayanan Pertolongan Pertama dan Ambulans. Pelayanan ambulans PMI merupakan pelayanan dasar yang menjadi layanan utama hampir disetiap PMI. 

Peran serta ambulans PMI di Bali, dalam berbagai kegiatan layanan tanggap darurat sehari-hari mau pun tanggap darurat kebencanaan merupakan bukti nyata peran serta PMI dalam upaya memberikan bantuan kemanusiaan dimana pun dan       pada situasi apa pun kepada masyarakat yang memerlukan bantuan kemanusiaan. Kemampuan personel/petugas ambulans dan kelayakan ambulans PMI se Bali merupakan                         kunci utama dalam memberikan layanan ambulans PMI yang prima dan maksimal. Peningkatan kapasitas petugas ambulans terus diupayakan baik oleh PMI Kabupaten/Kota masing-masing mau pun oleh PMI Provinsi Bali. 

Dalam upaya untuk menjaga kuantitas dan kualitas petugas ambulans PMI dan karena ada pembaharuan teknik, pemakaian dan peralatan pendukung ambulans, maka PMI Provinsi Bali melaksanakan kegiatan Pelatihan spesialisasi Petugas Ambulans yang dilaksanakan pada tanggal 6-12 Juli 2024 bertempat di Markas PMI Provinsi Bali, Jl. Imam Bonjol - Denpasar. Peserta dalam kegiatan ini merupakan perwakilan PMI Provinsi dan Kabupaten/Kota se Bali dengan total peserta sejumlah 18 orang. Pelatih atau Fasilitator dalam kegiatan merupakan Pelatih Ambulans tersertifikasi BNSP yang berasal dari PMI Provinsi Bali, PMI Jakarta Timur dan PMI Kota Malang. Sedangkan metode yang dipergunakan dalam pelatihan adalam Presentasi/Ceramah, Dsikusi, tanya jawab, Peragaan, Praktek serta Simulasi.

Kegiatan secara resmi di buka oleh Ketua Bindang Kesehatan dan Sosial Pengurus PMI Provinsi Bali Ibu DR. dr. Sri Wahyuni, Sp.KJ didampingi Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Bapak Drs. I Nyoman Puasha Aryana, M.Si dan Kepala Markas Bapak Budi Suharjo. Dalam sambutannya Ibu Sri Wahyuni menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua peserta yang terlibat, dan dengan dengan dilaksanakannya kegiatan Pelatihan diharapkan peserta memiliki peran penting dalam penyediaan layanan ambulans yang cepat, tepat, dan efisien.

Bapak Eko Wardani selaku Pelatih dan Penanggung jawab kegiatan menyampaikan bahwa dengan dilaksanakannya Pelatihan Spesialisasi Ambulans dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan Kuantitas Petugas dan Kualitas layanan ambulans PMI disamping meningkatkan kesadaran peserta akan pentingnya pertolongan pertama dan  keselamatan terutama dalam pelayanan Ambulans. “Kegiatan diharapkan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta dalam menghadapi situasi darurat dalam  memberikan pertolongan dengan protocol ambulans, yang semakin meningkat dan semakin baik sesuai dengan protokol kesehatan dan keselamatan internasional.” imbuhnya di sela-sela kegiatan Pelatihan.