Formas Gelar Seminar Kebijakan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan Sebagai Masukan Dan Kajian Ilmiah Ke Presiden Dan Wapres Terpilih



BALI.KOMINFO.CO.ID #
Jakarta - Indonesia || Forum Masyarakat Indonesia Emas (FORMAS), di bawah kepemimpinan Yohanes Handojo Budhisedjati, akan menggelar seminar bertema “Kebijakan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan: Mengawal Arah Kebijakan Pembangunan Berkelanjutan Pemerintahan Prabowo-Gibran Menuju Indonesia Emas 2045”.


Seminar yang akan digelar pada tanggal 27 Juli 2024 di Auditorium Universitas Trilogi, Jl. TMP Kalibata No 1, Pancoran, Jakarta Selatan. Menurut Ketua FORMAS Yohanes Handojo Budhisedjati kepada media (26/07/2024), Fenomena perubahan iklim dan pemanasan global menjadi tantangan besar pembangunan Indonesia, sehingga FORMAS siap memberikan masukan kajian ilmiah melalui seminar yang digelar ini.


“Seminar ini adalah salah satu bentuk kontribusi FORMAS untuk mengawal Pemerintahan Prabowo-Gibran kedepan. Yaitu memberikan kajian ilmiah tentang pembangunan berkelanjutan, pembangunan yang berwawasan lingkungan. Apalagi dengan fenomena perubahan iklim dan pemanasan global yang sedang terjadi, ini akan menjadi tantangan besar pembangunan Indonesia kedepan,” jelas Handoyo.

Dalam seminar ini, akan hadir para pakar lingkungan, akademisi, dan pemangku kepentingan dari berbagai sektor. Bekerjasama dengan Pusat Kajian Kebijakan Lingkungan & Pembangunan Berkelanjutan (PKKL-PB), Universitas Trilogi, dan Duta Wisata Sulawesi Utara (DWS), Seminar ini menampilkan para narasumber yang berkualitas di bidangnya, yaitu: Prof. Dr. Pramono Hari Adi, MS (Rektor Universitas Trilogi), Prof. Dr. Hoga Saragih, S.T., M.T (Sekjen FORMAS), Dr. Ir. Yusuf Kristiadi, M.M (Direktur Pusat Kajian Kebijakan Lingkungan & Pembangunan Berkelanjutan), Dr. Efrain Yerry Tawalujan (Ketua Umum Duta Wisata Sulut; Executive Secretary Pusat Kajian Kebijakan Lingkungan & Pembangunan Berkelanjutan), Dr. Arman, S.P., M.Si (Kaprodi Agribisnis/Agroteknologi Universitas Trilogi), dan Dr. Dina Nurul Fitria, S.E., M.T., CSCA., CRP.

Ketua FORMAS, Yohanes Handojo Budhisedjati, menyatakan bahwa seminar ini merupakan langkah penting untuk mengarahkan kebijakan pemerintah yang pro-lingkungan dan berkelanjutan.

"Kami berharap, melalui seminar ini, kita dapat memberikan masukan yang konstruktif bagi pemerintah dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungan," ujarnya.

Pemerintahan Prabowo-Gibran yang akan dilantik juga diharapkan dapat menjadikan hasil dari seminar ini sebagai acuan dalam menyusun dan mengimplementasikan kebijakan-kebijakan yang mendukung Indonesia Emas 2045, dimana aspek lingkungan menjadi salah satu pilar utamanya.

Dengan diadakannya seminar ini, FORMAS berharap dapat menciptakan kesadaran bersama tentang pentingnya menjaga lingkungan dalam setiap langkah pembangunan, serta mendorong kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan masyarakat untuk mencapai tujuan pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif.

Seminar ini terbuka untuk umum, dan setiap peserta akan mendapatkan sertifikat. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung: Ana – 081356507062). (RO/JS/Pewarna ID)