PMI miliki 25 Korlap terlatih yang siap diterjunkan dalam Respon Bencana

BALI.KOMINFO.CO.ID#
Denpasar-Bali || Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali dalam upaya peningkatan dan pengembangan kapasitas organisasi PMI Provinsi Bali dan lintas sektor terkait khususnya dalam Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat Bencana, maka dilaksanakan Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) untuk Koordinator Lapangan (Korlap) pada tanggal 16-21 Mei 2024 bertempat di di Hotel Grand Mirah Jl. Klaiasem No. 1 Denpasar – Bali.
 
Dalam kegiatan ini melibatkan partisipasi dari 25 orang peserta yang terdiri dari perwakilan PMI Kabupaten/Kota se-Bali, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provisni Bali, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Bali, BASARNAS, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Provinsi Bali serta perwakilan Forum Pengurangan Bencana (PRB) Provinsi Bali. Sedangkan Fasilitator dan Pelatih dari kegiatan ini berasal dari PMI Pusat, PMI Provinsi Bali dan BPBD Provinsi Bali. 

“Pelatihan MTDB untuk Korlap sangat bermanfaat bagi kami, dimana dalam kegiatan ini peserta di berikan pembekalan pengetahuan dan ketrampilan sekitar kebencanaan khususnya dalam melaksanakan manajemen dalam kegiatan Tanggap Darurat Bencana” seperti yang disampaikan Kadek Budiartha, salah satu peserta perwakilan peserta dari PMI Kabupaten Badung. “Pada saat simulasi, kami benar-benar menikmati bagaimana proses respon bencana berjalan, dan semua personel terlibat makin memberikan gambaran bagaimana kita haru bertindak dan mengambil keputusan dalam kegiatan respon bencana” imbuhnya pada salah satu sesi kegiatan.

Dalam kegiatan ini, peserta MTDB mendapatkan berbagai pembekalan pengetahuan dan ketrampilan untuk menjadi Korlap dalam Tanggap Darurat Bencana mulai dari Manajemen PB, Manajemen MTDB, Kepemimpinan dalam MTDB, Peran Korlap dalam TDB, Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan dalam MTDB, Bekerja dengan Media sampai dengan pelaksanaan sampai dengan praktek dan simulasi dengan kasus terjadinya Gempa Bumi di wilayah NTB untuk semakin memantapkan peran peserta sebagai seorang Korlap dalam kegiatan Tanggap Darurat Bencana.
 
Dan setelah menyelesaikan proses panjang pelaksanaan pelatihan, kegiatan secara resmi ditutup oleh Ketua Bidang Diklat PMI Provinsi Bali Bapak Drs. I Nyoman Puasha Aryana, M.Si didampingi Sekretaris Pengurus Bapak IGM Arya Wisnu Mataram, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Bapak H. Agus Bambang Priyanto, SH, Kepala Markas serta jajaran Fasilitator dan Peserta Pelatihan MTDB Korlap PMI Provinsi Bali.

Dalam sambutannya Bapak Puasha banyak berbagi informasi dan pengalaman terkait kegiatan respon kebencanaan baik yang pernah terjadi di Bali maupun luar Bali. “Dan dengan kegiatan pelatihan ini, kami berharap peserta yang telah menyelesaikan pelatihan untuk selanjutnya dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan dan ketrampilannya jika suatu saat nanti bencana terjadi, karena PMI sudah melatih 25 orang Korlap yang pastinya siap diterjunkan dalan respon bencana” imbuhnya sebelum menutup kegiatan Pelatihan secara resmi.