PMI Bali latih KORLAP dalam Manajemen Tanggap Darurat Bencana


BALI.KOMINFO##
Denpasar-Bali || Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai bagian dari Organisasi PMI di Provinsi Bali berkomitmen penuh untuk tetap bersama masyarakat dan pemerintah membantu membangun ketangguhan dalam penanggulangan Bencana, salah satunya dengan  mengajak masyarakat dan pemerintah untuk membangun ketangguhan bencana melalui kegiatan sosialisasi, promosi dan edukasi sampai dengan pelatihan maupun simulai yang dilaksanakan bersama masyarakat dan lintas sektor terkait.

PMI Provinsi Bali sebagai salah satu organisasi PMI yang melaksanakan tugas dan mandat dalam bidang kemanusiaan juga turut berperan aktif untuk mendukung kegiatan-kegiatan Penanggulangan Bencana di Provinsi Bali. Dalam upaya peningkatan dan pengembangan kapasitas organisasi PMI Provinsi Bali dan lintas sektor terkait, maka Pelatihan Manajemen Tanggap Darurat Bencana (MTDB) untuk Koordinator Lapangan (Korlap) yang dilaksanakan pada tanggal 16-21 Mei 2024 bertempat di di Hotel Grand Mirah Jl. Klaiasem No. 1 Denpasar – Bali.

Peserta dalam kegiatan ini berjumlah 25 orang yang terdiri dari perwakilan PMI Kabupaten/Kota se-Bali, Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provisni Bali, Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) BPBD Provinsi Bali, BASARNAS, Dinas Sosial Provinsi Bali serta Forum Pengurangan Bencana (PRB) Provinsi Bali. Sedangkan Fasilitator dan Pelatih dari kegiatan ini berasal dari PMI Pusat, PMI Provinsi Bali dan BPBD Provinsi Bali. Kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada tahun 2015 yang lalu. Dan kemampuan para Korlap MTDB PMI telah teruji  kemampuannya  pada berbagai operasi tanggap darurat bencana seperti Erupsi Gunung, Gempa Bumi Lombok, Gempa Bumi, Tsunami dan Likuifaksi di Sulawesi Tengah dll.

Dalam kegiatan ini, peserta MTDB mendapatkan berbagai pembekalan pengetahuan dan ketrampilan untuk menjadi Korlap dalam Tanggap Darurat Bencana mulai dari Manajemen PB, Manajemen MTDB, Kepemimpinan dalam MTDB, Peran Korlap dalam TDB, Perencanaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan dalam MTDB, Bekerja dengan Media sampai dengan pelaksanaan sampai dengan praktek dan simulasi untuk semakin memantapkan peran peserta sebagai seorang Korlap dalam kegiatan Tanggap Darurat Bencana.

Sekretaris BPBD Provinsi Bali Bapak Dr. I Gede Teja Bhusana Yadnya SSTP,. M.Si dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang baik kegiatan yang dilaksanakan PMI Bali dalam upaya membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana dan mendukung upaya PMI dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM). 
Sedangkan Ketua PMI Provinsi Bali Bapak I Gusti Bagus Alit Putra, SH., S.Sos., M.Si dalam sambutannya memyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta, pelatih dan fasilitator yang hadir untuk mensukseskan pelaksanaan kegiatan Pelatihan MTDB Korlap. Ketua PMI Provinsi Bali juga berharap untuk kedepannya kapasita PMI dan lintas sektor terkait semakin meningkat dalam manajemen Tanggap Darurat Bencana, imbuhnya sebelum membuka secara resmi kegiatan pelatihan MTDB Korlap didampingi jajaran Pengurus PMI Provinsi Bali yang berkesempatan hadir.