SEKJEN PMI sambangi PMI Bali diskusi SEA Meetings sampai Tanam Pohon


BALI.KOMINFO.CO.ID##
Senpasar-Bali || Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Bali  pada awal September 2024  dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan Red Cross and Red Crescent Southeast Asia Meeting oleh PMI Pusat. Kegiatan akan dilaksanakan pada 1-7, September 2024 bertempat di Hotel Bintang Bali Resort, Jl. Kartika Plaza, Kuta - Kabupaten Badung. Adapun beberapa agenda yang akan di laksanakan pada kegiatan tersebut antara lain : The 3rd Youth Forum, The 2nd First Aid Network, Regional Dialogue with ASEAN dan ASEAN Dialogue & The 21st SEA Leaders Meeting.

Untuk mengkoordinasikan persiapan kegiatan SEA Meetings, maka Sekretaris Jenderal PMI Bapak Abdurrahman Mohammad Fachir, di dampingi Bendahara Umum Ibu Suryani Motik, Penguurs Bidang Humas dan Kerjasama Internasional Ibu Ninik Kun Naryatie, Wakil Kepala Markas PMI Pusat Ibu Puji Astuti dan Kepala Biro Humas dan Hubungan Internasional Markas Pusat PMI Ibu Andreanne Tampubolon. Dalam kesempatan ini hadir juga dari perwakilan Federasi Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah (IFRC) Mr. Elkhan dan Daniel. Rombongan di terima oleh Ketua PMI Provinsi Bali beserta jajaran Pengurus dan staff Markas PMI Provinsi Bali. Selain mengkoordinasikan persiapan di Hotel, rombongan juga berkesempatan untuk mendatangi Markas PMI Provinsi Bali di Jl. Trengguli I No. 27 Denpasar.

Selain berdiskusi terkait persiapan kegiatan Red Cross and Red Crescent Southeast Asia Meeting, rombongan juga berkesempatan keliling di area PMI Provinsi Bali Center yang masih dalam tahap pembangunan. Sebagai informasi, Markas PMI Provinsi Bali belum geap 1 (satu) tahun pindah dari Markas lama di Jl. Imam Bonjol Km. 3 No. 182 ke Markas Tembau. Termasuk terdapat pembangunan yang masih dalam tahap proses koordinasi natara lain pembangunan Gudang Regional yang akan di dukung pembiayaannya oleh PMI Pusat dan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) yang akan di dukung oleh Pemerintah Kabupaten Badung. Pada kegiatan ini, Bapak Sekjen dan perwakilan IFRC juga berkesempatan menanam pohon buah dan bunga sebagai salah satu bentuk dari aksi Kampanye Hijau yang senantisas di gaungkan oleh PMI.

Ketua Pengurus PMI Provinsi Bali Bapak I Gusti Bagus Alit Putra, SH., S.Sos., M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada rombongan di Markas PMI Provinsi Bali. Bapak Alit Putra juga berkesempatan menceritakan terkait proses dan rencana pembangunan PMI Bali Center. “Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada PMI Provinsi Bali sebagai tuan ruma, dan pada prinsipnya siap mengikuti arahan dari PMI Pusat dalam pelaksanaan kegiatan SEA Meetings” imbuhnya.

Senada dengan hal tersebut, Sekjen PMI Bapak AM. Fachir turut mengucapkan terima kasih karena telah diterima dengan sangat baik di Bali, dan juga atas kesediaan Bali membantu PMI Pusat sebagai tuan rumah dalam kegiatan SEA Leaders Meeting. Sekjen juga menyampaikan bahwa pemilihan Bali sebagai tuan rumah tidak lepas dari permintaan para peserta pada pertemuan sebelumnya di Kamboja. “Ketika Indoneia ditunjuk sebagai tuan rumah, saya sempat bertanya kepada para peserta terkait lokasi pelaksanaan kegiatan, yang disambut para peserta dengan Sebagian besar menyebut nama Bali, maka kami hanya meneruskan amnah tersebut dengan melaksanakan kegiatan di Bali” imbuh Bapak Sekjen sebelum mengakhiri sambutannya.