SMK PGRI 4 Denpasar Siapkan Lab Sebagai Pendukung Praktek Untuk Mencetak Lulusan Siap Kerja



BALI.KOMINFO.CO.ID # 
Denpasar - Bali || SMK PGRI 4 Denpasar terus berupaya untuk bisa menjadikan sekolah yang unggul, maju, dan diminati dikalangan masyarakat luas yakni dengan mampu mencetak para lulusan siap kerja. 


"Untuk menjadikan sekolah tetap maju dan unggul, kami di SMK PGRI 4 Denpasar sudah menyiapkan SDM guru yang betul-betul berkopeten di masing-masing bidang," ucap Kepala SMK PGRI 4 Denpasar Drs. I Ketut Suarya., M.Pd, Rabu (7/8/2024) disekolah setempat. 

Suarya juga mengatakan, kalau di SMK PGRI 4 Denpasar dalam hal teori dan praktek sudah terus dipadukan, bahkan yang diprioritaskan disini lebih banyak ke praktek. 

Kita siapkan para siswa lab. praktek langsung sebagai pendukungnya, artinya ketika memasuki dunia kerja para siswa SMK PGRI 4 Denpasar sudah dinyatakan siap kerja. 

"Tanpa harus melanjutkan ke perguruan tinggi lagi, para siswa SMK PGRI 4 Denpasar sudah siap kerja sesuai skil yang sudah di dapat di sekolahnya," kata Ketut Suarya. 

Lanjutnya, mengenai lab. praktek yang dimiliki SMK PGRI 4 Denpasar tentu tidak kalah dengan hotel berbintang seperti halnya lab. kichen yang bisa dibilang sarana-prasana pendukungnya lengkap. 

"Para siswa tinggal belajar, dan langsung bisa menggunakan fasilitas yang ada di lab. kichen sebagai modal praktek. Dijamin lulus praktek langsung bisa menerapkan skilnya di dunia kerja," terangnya. 

Sembari menyampaikan, tidak hanya lab. kichen saja yang dimiliki SMK PGRI 4 Denpasar, ada juga lab. lainya seperti lab. komputer, lab. multimedia, dan lainya. 

Bahkan sekolah ini juga lagi maju-majunya memasarkan kopi barista yang diolah sedemikian baik hingga menjadi kopi barista siap saji. 

Selain itu, SMK PGRI 4 Denpasar juga memiliki lab. restoran sendiri yang tidak kalah dengan restoran berbintang yang bisa dijadikan tempat praktek yaitu lab. restoran Paon Bogi (dapur makanan). 

"Dari Paon Bogi ini akan menyajikan berbagai makanan siap saji layaknya yang ada di restoran berbintang," imbuhnya. 

Ketut Suarya juga mengatakan untuk mendukung SMK PGRI 4 Denpasar lebih maju lagi, pada tahun 2024 ini berencana akan membuka kelas ekstra baru yakni kelas ekstra kecantikan. 

"Untuk ruangan kelas ekstra kecantikan juga sudah disiapakan, dan guru di kelas ekstra kecantikan juga sudah sisipkan. Tinggal menunggu momen tepat untuk segera dibuka kelas ekstra kecantikan," ujarnya. 

Ketut Suarya menambahkan, SMK PGRI 4 Denpasar juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahan industri dan hotel berbintang yang ada di Bali dan luar Bali. 

Menariknya lagi di SMK PGRI 4 Denpasar, ketika para siswa diberikan kesempatan magang di berbagai perusahan industri dan hotel. Hampir semua siswa yang magang, ketika selesai magang langsung diterima bekerja di tempat magangnya. 

"Ini menyatakan lulusan SMK PGRI 4 Denpasar, para lulusan sangat dibutuhkan di dunia industri dan hotel," tambahnya.(cvs)