25 Pendonor Darah Sukarela Bali raih Penghargaan SLKS Donor Darah 100 kali



BALI.KOMINFO.CO.ID##
Denpasar-Bali || Palang Merah Indonesia (PMI) sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang Kemanusiaan memiliki mandat berdasarkan UU RI Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan antara lain Pelayanan Kebencanaan, Pembinaan Relawan sampai dengan Kegiatan Pelayanan Darah yang dilaksanakan Unit Donor Darah (UDD) PMI. Dalam kegiatan pelayanan darah, UDD PMI sangat terbantu dengan peran para Pendonor Darah Sukarela (DDS) dalam pemenuhan kebutuhan darah bagi mereka yang membutuhkan darah.

Sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada para DDS, PMI secara rutin memberikan penghargaan bagi DDS yang telah mendonorkan darah sebanyak 25 kali, 50 kali, 75 kali dan 100 kali. Untuk DDS yang telah mendonorkan darah 100 kali atau lebih juga di usulkan untuk mendapatkan Penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden RI. Dan untuk tahun 2024, Pemerintah RI akan memberikan penghargaan kepada 1.691 DDS dari 26 Provinsi di Indonesia. 

PMI Provinsi Bali sendiri, untuk penganugerahan SLKS tahun 2024 akan memberangkatkan 25 orang DDS, dan secara resmi dilepas oleh Ketua  PMI Provinsi Bali Bapak I Gusti Bagus Alit Putra, SH, S.Sos, M.Si didampingi Sekretaris Pengurus Bapak IGM Arya WIsnu Mataram dan Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial Ibu DR. dr. A.A Sri Wahyuni, Sp.KJ bertempat di Aula UDD PMI Provinsi Bali, Kompleks Bersama RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah Denpasar. Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Markas PMI Provinsi Bali, Wakil Kepala UDD PMI Provinsi Bali dan para DDS penerima SLKS yang akan diberangkatkan.

Ketua PMI Provinsi Bali yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pendonor yg telah 100 kali lebih mendonorkan darahnya dan akan berangkat untuk menerima penghargaan dari negara yaitu Satyalancana Kebaktian Sosial Republik Indonesia. Beliau juga menyampaikan bahwa darah yang telah didonorkan telah menyelamatkan banyak orang, karena darah tidak bisa digantikan oleh obat obatan lainnya. “Darah yang telah di donorkan sebagai modal akhirat telah mengalir dalam tubuh orang orang yang telah selamat karena darah pendonor, yaitu darah para pahlawan kemanusiaan” Imbuh Bapak Alit Putra sebelum melepas keberangkatan para DDS penerima SLKS.

Untuk selanjutnya 25 orang DDS penerima SLKS dari Provinsi Bali akan diberangkankan menggunakan maskapai Citilink untuk mendapatkan Penganugrahan SLKS DDS 100 kali yang rencananya akan diserahkan oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, 5 Agustus 2024 di Puri Agung Convention Hall Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta.